Perhatian ! "klik-rumah.com adalah sebuah website mengenai Informasi Desain Rumah, Tips Dekorasi Rumah, Tips Perawatan Rumah, Info KPR. Semoga kunjungan anda ke website sederhana ini bisa bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Mohon Tunggu .....

3 Faktor Penentu Investasi Properti

By On Saturday, August 4th, 2018 Categories : Tips Properti

3 Faktor Penentu Investasi Properti

3 Faktor Penentu Investasi Properti

Siapa yg tidak tergiur bisnis properti, selain investasi ini jangka panjang, properti juga tidak terpengaruh dengan faktor waktu. Biasanya semakin lama semakin menguntungkan. Nah bagi Anda yg ingin berinvestasi properti sebagai bekal utk menambah pundi – pundi rupiah Anda ada baiknya ada perhatikan tiga faktor penentu investasi properti.

Lokasi

Pilih lokasi yg mudah utk dijangkau dan terpantau oleh Anda sendiri. Hal ini berkaitan dengan pengawasan. Banyak sekali kasus bangunan liar yg berdiri di tanah kosong yg tidak terpantau. Jika Anda sudah terlanjur membeli tanah diluar kota atau di daerah yg berbeda dengan tempat tinggal Anda (mungkin karena murah), sebaiknya titipkan kepada orang yg bisa dipercaya atau beri kesempatan kepada warga sekitar utk menggarapnya dengan perjanjian di atas kertas bermeterai.

Anda juga perlu memerhatikan akses jalan. Jangan sekali-kali membeli tanah yg tidak memiliki akses jalan karena investasi Anda tidak akan berkembang. Lebih baik Anda jangan terlalu percaya dengan rumor jalan yg akan segera dibangun karena Anda tidak akan pernah tahu pasti kapan rencana tersebut terlaksana. Sumber air juga penting.

Meski Anda tidak berniat menggarap tanah tersebut perlu Anda tanyakan juga kondisi dan sumber air di daerah itu, karena air merupakan kebutuhan vital. Sementara itu, cek juga apakah daerah itu bebas banjir atau tidak? Lakukan pengecekan langsung ke lokasi, dan tanyakan detailnya kepada masyarakat sekitarnya.

Cek juga kondisi tanahnya, apakah tanah sawah atau tanah darat? Dan ketinggian tanah, Iebih tinggi dari jalan atau lebih rendah. Sudah sesuaikah dengan tujuan Anda? Perhatikan Iingkungan sekitar, apakah ada pembangunan berskala cukup besar di sekitar daerah tersebut? Jika ada berarti daerah itu punya prospek yg cerah.

Harga

Jika Anda sudah cocok dengan kondisi dan Iokasinya, yg perlu diperhatikan adalah masalah harga. Harga yg terbaik utk membeli tanah sebenarnya harga di bawah nilai NJOP tanah, tetapi Iebih beruntung jika ada orang yg butuh uang lalu menjual dengan harga separuhnya.

Namun, harga yg cukup adil (fair) adalah harga yg sama dengan harga NJOP. Lebih baik Anda survei juga harga di sekitarnya sebagai perbandingan, perlu diingat bahwa harga penawaran selalu lebih tinggi dibandingkan dengan harga sebenarnya. Semakin bagus lokasinya biasanya semakin mahal.

Legalitas dan Rencana Pemerintah

Hal lain yg perlu Anda cermati adalah status tanah. Konsultasikan dengan notaris/PPAT (pejabat pembuat akta tanah) utk membantu pengecekan. Status tanah ada beberapa macam sebagai berikut.

  1. Tanah adat/girik/letter c. Sebenarnya girik bukanlah suatu bukti kepemilikan atau hak atas tanah. Girik hanyalah bukti atas pembayaran pajak atas tanah adat atau tanah garapan, atau bukti bahwa seseorang menguasai sebidang tanah garapan. Oleh karena itu, status hukum tanah girik tidak kuat, tetapi bisa dijadikan dasar utk pembuatan sertifikat.
  1. Sertifikat hak adalah bukti kepemilikan yg sah dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional setempat dan diakui negara. Sertifikat hak sendiri terdiri dari beberapa macam, yaitu hak milik, hak guna bangunan, dan hak guna usaha.

Selain itu Anda perlu mengecekjuga rencana pemerintah terhadap daerah tersebut. Anda dapat mengecek melalui dinas tata kota dan dinas bangunan daerah setempat. Jangan sampai tanah yg akan dibeli ternyata merupakan rencana pengembangan jalan, meskipun sebenarnya Anda akan mendapat ganti rugi jika itu terjadi, setidaknya rencana tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Tanyakan juga rencana tata ruang dan peruntukan daerah tersebut. Apakah sesuai dengan tujuan Anda? Karena jika tidak sesuai, Anda akan sulit utk mendapatkan izin mendirikan bangunan

Baca juga : Perhatikan 5 Hal Penting Ini Dalam Membeli Rumah

(1MB). Mengenai 1MB sangat berguna jika suatu saat Anda membutuhkan pinjaman dan bank. Anda juga harus berhati hati membeli lahan kosong di daerah perumahan, kadang – kadang developer nakal menjual lahan sisa yg sebenarnya peruntukan dan izinnya adalah daerah hijau. Meskipun bisa juga diurus izinnya hanya saja akan keluar uang lebih besar.

3 Faktor Penentu Investasi Properti | klik-rumah.com | 4.5