Perhatian ! "klik-rumah.com adalah sebuah website mengenai Informasi Desain Rumah, Tips Dekorasi Rumah, Tips Perawatan Rumah, Info KPR. Semoga kunjungan anda ke website sederhana ini bisa bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Mohon Tunggu .....

Apa Itu Baja Ringan ?

By On Sunday, October 21st, 2018 Categories : Istilah Properti

Baja ringan ialah baja bermutu tinggi yang berkarakter ringan dan juga tipis, akan tetapi kekuatannya tak kalah dari baja konvensional. ada beberapa jenis baja ringan yang dikelompokan menurut nilai tekanan tariknya (tensile strength). daya tekanan anjur ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.

Apa Itu Baja Ringan

Apa Itu Baja Ringan ?

Selaku sampel untuk produk structural serupa bagan atap baja ringan atas tekanan anjur tinggi (G550). akan tetapi untuk beragam produk home appliances diharuskan baja ringan atas tekanan anjur yang lebih kecil (G300, G250) yang lebih elastis dan juga lunak sehingga lebih gampang dibentuk sesuai keinginan.

Pada umumnya, bahan dasar baja ringan ialah baja mutu tinggi atas standar high tensile strength 550 Mpa (5500 kilogram / cm2). kekuatan ini adalah bagian dasar untuk kekuatan anjur baja ringan ketika ini. atas kekuatan paling rendah G550, baja ringan tersebut mempunyai kekuatan leleh paling rendah 550 Mpa. Dibuktikan dalam percobaan laboratorium tak bisa putus ketika ditarik atas kekuatan 500 Mpa. tidak cuma itu, baja tersebut pula mempunyai modulus membawa 80. 000 Mpa dan juga modulus elastisnya 200. 000 Mpa.

Walaupun lebih ringan dan juga tipis dari baja konvensional, atas tangguh anjur sebesar 550 Mpa baja ringan bisa dijadikan harapan untuk menahan bobot struktur bangunan. untuk fungsi non structural serupa penutup atap dipakai baja ringan bobot G300.

Gimana atas ketebalan baja ringan? Dipasaran biasa ketebalannya berkisar antara 0, 20 – 2, 00 milimeter. alterasi ketebalan ini ditetapkan oleh fungsi, seberapa besar bobot yang ditopang dan juga ukuran bentang baja itu sendiri. ketebalan yang lebih minim dibandingkan atas baja konvensional bermaksud untuk mengecilkan bobot struktur bangunan.

Kuda-kuda baja ringan memiliki ketebalan antara 0, 45 – 1, 00 milimeter. berlainan atas ruang yang akan menahan bobot yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1, 00 – 2, 00 milimeter (profil C). sebaliknya untuk genteng metal ketebalannya 0, 20 milimeter karna bisa dibilang tak membahu bobot, atas ketebalan tersebut sudah cukup akseptabel.

Baja tersusun dari besi dan juga karbonium (Fe dan juga C). bila komponen tersebut bercampur atas air dan juga udara akan keluar reaksi yang mendorong terjadinya karat. sehingga baja ringan harus dilapisi antikarat. Pengaplikasian lapisan antikarat sungguh penting untuk melindungi supaya material awet dan juga kuat lama.

Untuk mencegah material baja mutu tinggi dari korosi, mesti diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. beragam cara untuk memberikan lapisan pelindung untuk menghindari korosi pada baja mutu tinggi sudah dikembangkan.

Model coating pada rangka baja ringan yang beredar dipasaran ialah Galvanized, Galvalume, ataupun sering pula dikenal sebagai zincalume dan juga satu buah produsen mengeluarkan produk baja ringan dengan menambahkan magnesium yang kemudian dikenal dengan ZAM, diciptakan semenjak 1985, mengenakan lapisan pelindung yang terdiri dari: 96% zinc, 6% alumunium, dan juga 3% magnesium. tebal coating pada baja ringan dipasaran beragam, tergantung dari tiap-tiap produsen.

Apa Itu Baja Ringan ? | klik-rumah.com | 4.5