Perhatian ! "klik-rumah.com adalah sebuah website mengenai Informasi Desain Rumah, Tips Dekorasi Rumah, Tips Perawatan Rumah, Info KPR. Semoga kunjungan anda ke website sederhana ini bisa bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Mohon Tunggu .....

Apakah KPR Syariah Riba ?

By On Wednesday, September 12th, 2018 Categories : KPR / KPA, Kredit

Apakah kredit bank syariah riba ? kalau riba apa ada yg lain ?

Bank syariah yg ada di Indonesia ada sistem, ada fatwanya. Tetapi anda sebagai muslim yg cerdas tidak cukup bagi anda fatwa saja. Pelajari dengan baik bila bertentangan tinggalkan fatwa tersebut. Minta fatwa pada hati bukan merenung sendiri bertanya pada ahli dzikir pelajari dengan baik sehingga tidak ada anda bertanggung jawab pada stempel tapi bertanggu jawab pada Alloh. Stempel tidak bisa menyelamatkan anda di akherat. Lihat betul skema akad, bagusnya syar’i.

Pertama datang skema tanyakan setelah tanyakan pelajari lalu tanyakan pada ahli kalau ada hal yg menjadikan tidak boleh. Bila skemanya diwakilkan mencari rumah, sudah DP kalau begitu diwakilakan untuk membeli rumah, anda kurang uang kata dia “tanda tangan ibu boleh nyicil bulan depan” ada seperti ini skema. Harga 100 juta, ibu bayar 10 tahun kalau terlambat ibu harus bayar sedekah atau ibu ganti kerugian akibat keterlambatan tidak ada riba yg ada sedekah.

Bila skema seperti ini lebih berbahaya, kalau yg terus terang bahaya lalu bagaimana dengan yg sedekah. Rumah menjadi milik developer, DP itu tanda beli kalau sudah beli sudah jadi pemilik pembeli tapi belum lunas, bila rumah milik anda diwakilkan developer secara logika salah.

Maka yg ada anda kurang uang ke bank, ini bukan jual beli namanya pinjam. Kalau terlambat sedekah, sedekah untuk dana sosial bank tapi mereka ketika nyumbang itu uang penunggak dianggap punya mereka dan memajukan kerjasama bank fulan yg bantu bukan dia tapi orang yg nunggak.

Banyak ulama yg menentang, banyak solusi lain atau bank minta kerugian karena terlambat bayar ganti kerugian besar mana dari pada bunga. Biasanya minta kerugian, tetap bertambah hutang kalau skema seperti ini lebih baik hindari karena riba berlandaskan agama. Jual beli murobahah. Setelah anda batalkan, pembeli sebelumnya juga khawatir kalau anda sudah tidak jadi beli jadi anda akan diikat juga dengan bayar tanda beli bayar uang didepan. Berarti menjual DP tapi beum dimiliki, rasul mengatakan jangan membeli yg belum bisa menjadi milik anda jangan mau DP.

Pertama batalkan DP, minta dia beli dulu, kalau tidak ingin cari bank lain. Klaau sudah ditinggalkan bank itu aka jatuh ada seperti ini. Kalau orang ingin membuat maksiat anda buat sesuatu yg baik. Minta denda jangan apa bedanya dengan riba, kata dia ganti rugi kata dia sedekah apa beda dengan riba.

Semoga Alloh memberikan taufik dan hidayah, memang bank konvensional pindah ke bank syariah. Pengelabuan yg dibuat lebih susah tanggung jawabnya. Bank konvensional jelas ribanya, ada juga pengelabuan, mengelabui Alloh langsung diberi peringatan oleh Alloh.

ceramah Ust Erwandi Tarmidzi

Apakah KPR Syariah Riba ? | klik-rumah.com | 4.5